1. GOOGLE
Google didirikan oleh Larry Page
dan Sergey Brin ketika mereka masih mahasiswa di Universitas Stanford dan
perusahaan ini merupakan perusahaan saham pribadi pada 7 September 1998.
Penawaran umum perdananya dimulai pada tanggal 19 Agustus 2004, mengumpulkan
dana $1,67 milyar, menjadikannya bernilai $23 milyar. Melalui berbagai jenis
pengembangan produk baru, pengambil alihan dan mitra, perusahaan ini telah
memperluas bisnis pencarian dan iklan awalnya hingga ke area lainnya, termasuk
email berbasis web, pemetaan online, produktivitas perusahaan, dan bertukar
video.
Kelebihan
1. Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
2. lebih canggih dengan fitur yang dimilikinya.
3. Tampilan yang sederhana.
4. Google merupakan satu-satunya mesin pencari yang memilki cach. Dengan adanya cache ini, si pencari dapat menghemat waktu pencarian, karena hasil pencarian yang akan ditampilkan.
5. Dapat mencari segala informasi seperti gambar, berita artikel, hiburan dll.
1. Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
2. lebih canggih dengan fitur yang dimilikinya.
3. Tampilan yang sederhana.
4. Google merupakan satu-satunya mesin pencari yang memilki cach. Dengan adanya cache ini, si pencari dapat menghemat waktu pencarian, karena hasil pencarian yang akan ditampilkan.
5. Dapat mencari segala informasi seperti gambar, berita artikel, hiburan dll.
Kekurangan
1. Dengan kelebihan yang dimilikinya, ternyata mesin pencari ini jadi bidikan para spamer untuk menampilkan iklan-iklan yang tidak diperlukan. Mereka memanfaatkan setiap celah yang ada pada sistem algoritma Google untuk memaksa iklan mereka tampil pada halaman terdepan. Maka, pencarian pun terasa tergangggu.
2. YAHOO
Yahoo! adalah sebuah portal web populer yang dioperasikan
perusahaan yang bernama Yahoo! Inc.. Yahoo! pada awalnya hanyalah semacam
bookmark (petunjuk halaman buku), ide itu berawal pada bulan April 1994, di mana
saat itu dua orang alumni Universitas Stanford mendapat liburan ketika profesor
mereka pergi ke luar kota karena cuti besar.
Kelebihan
1. Adanya fitur e-mail yang banyak disukai oleh orang-orang.
2. Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
3. Fiturnyanya yang komplit.
4. Yahoo juga menyediakan salah satu fungsi yaitu katalog web. Link ke menu bantuan (help) juga dapat dikenali dengan baik di halaman login dengan keterangan yang cukup jelas.
1. Adanya fitur e-mail yang banyak disukai oleh orang-orang.
2. Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
3. Fiturnyanya yang komplit.
4. Yahoo juga menyediakan salah satu fungsi yaitu katalog web. Link ke menu bantuan (help) juga dapat dikenali dengan baik di halaman login dengan keterangan yang cukup jelas.
Kekurangan
1. loadingnya membutuhkan waktu yang lama
3. Live Search
Pengembangan yang terus dilakukan oleh
Microsoft menghasilkan keputusan untuk memisahkan mesin pencari dengan Windows Live. Pada akhirnya Microsoft mengubah nama mesin pencarinya
menjadi Live Search, yang kemudian dikonsolidasikan dengan Microsoft adCenter. Reorganisasi yang dilakukan ini, menimbulkan banyak perubahan
dalam kebijakan, misalnya menghentikan beberapa produk seperti Windows Live Expo, Live Search Macros, dan sebagainya.
Perubahan yang terus dilakukan Microsoft ini
ternyata belum membuahkan hasil. Microsoft menyadari bahwa penggunaan brand
name untuk produk mesin pencari sangatlah penting. Akhirnya untuk
menciptakan indentitas baru, Microsoft menghadirkan suatu mesin pencari baru
pada tanggal 3 Juni 2009, yang diberi nama Bing, kepada seluruh
pengguna Internet di dunia.
Kelebihan :
1. Mampu mencari informasi yang lebih spesifik baik berupa website, berita, gambar, maupunmusik, serta lainnya.
1. Mampu mencari informasi yang lebih spesifik baik berupa website, berita, gambar, maupunmusik, serta lainnya.
Kekurang :
1. Search engine ini tidak begitu populer
1. Search engine ini tidak begitu populer
4. Web Crawler
Web crawler adalah suatu program atau script otomatis yang
relatif simple, yang menggunakan metode tertentu untuk melakukan scan atau “crawl”
ke semua halaman-halaman Internet untuk membuat index dari data yang dicarinya.
Sebutan/julukan lain untuk web crawl adalah web spider, web robot, bot, crawl
dan automatic indexer.
Web crawl dapat
digunakan untuk beragam tujuan. Penggunaan yang paling umum adalah yang
terkait atau berhubungan langsung dengan search engine. Search engine
menggunakan web crawl untuk mengumpulkan informasi mengenai apa yang ada di
halaman-halaman web publik. Tujuan utamanya adalah mengumpukan data sehingga
ketika pengguna Internet mengetikkan kata pencarian di komputernya, search
engine dapat dengan segera menampilkan web site yang relevan dan
sesuai dengan yang dicari.
Ketika web
crawl search engine
mengunjungi halaman web, ia “membaca” teks yang terlihat, hyperlink, dan konten
berbagai tag yang digunakan dalam situs seperti meta tag yang banyak berisi
keyword. Berdasar kaninformasi yang dikumpulkan web crawl, search engine akan menentukan situs dan mengindex
informasinya. Website tersebut kemudian dimasukkan ke dalam database search
engine dan dilakukan proses penentuan ranking setiap halamannya.
Search engine bukanlah satu-satunya pengguna web crawl.
Linguist bisa menggunakan web crawl untuk melakukan analisis
tekstual; yaitu, mereka bisa menyisir Internet untuk menentukan kata apa yang
paling umum digunakan hari ini (keyword populer). Peneliti pasar dapat
menggunakan web crawl untuk menentukan dan memanipulasi trend pada suatu pasar
tertentu. Ini semua merupakan contoh beragam penggunaan web crawl. Web crawl dapat digunakan oleh
siapapun yang melakukan pencarian informasi di Internet.
Web crawl beroperasi
hanya sekali, misalnya untuk suatu projek yang hanya sekali jalan, atau jika
tujuannya untuk jangka panjang seperti pada kasus search engine, mereka bisa
diprogram untuk menyisir Internet secara periodik untuk menentukan apakah sudah
berlangsung perubahan yang signifikan. Jika suatu situs mengalami trafik
sangat padat atau kesulitan teknis, spider atau crawl dapat diprogram untuk
mencatat hal ini dan mengunjunginya kembali setelah kesulitan teknis itu
terselesaikan dan dilakukan pembenahan serta perbaikan.
Kelebihan
1. Suatu program atau script
otomatis yang relatif simple
2. Dapat digunakan untuk
beragam tujuan. Penggunaan yang paling umum adalah yang terkait atau
berhubungan langsung dengan search engine
Kekurangan
1. Beroperasi hanya sekali,
misalnya untuk suatu projek yang hanya sekali jalan
5. Looksmart
Looksmart bukanlah search engine, tapi mempunyai pengaruh besar
juga dalam pencarian data di internet. Directori ini berbagi database yang
sudah dibuatkan kategorinya berupa link dengan MSN, Home.net, CNN, dan Time
Warner. Situs ini merupakan yang termasuk berbayar, untuk itu jika anda
mempunyai uang,daftarkan juga ke sini.
Kelebihan
1. Menyediakan produk iklan pencarian dan layanan kepada pengiklan teks
1. Menyediakan produk iklan pencarian dan layanan kepada pengiklan teks
Kekurangan
1. Situs ini merupakan yang termasuk berbayar
1. Situs ini merupakan yang termasuk berbayar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar